Pengertian Istilah Format dan Kualitas Ukuran Film Ripping



film ripping
Original by RahmanCyber



Perlu Tahu? - Saya begitu penasaran dengan Bebagai Format Film yang biasa ada di Jagat Internet.. eh,  Yang biasa tersebar itu ada beragam sekali formatnya. Karena ternyata ada banyak sekali istilah tentang format film. 

 

 

{getToc} $title={Table of Contents}


Nah biar RCR lebih tau, kali ini kita akan bahas nih beberapa format ripping yang biasa Tersebar di Jagat Raya...

Pengertian Bluray/HD/BRRip :

Mengenal Bluray ini jelas dari namanya keliatan, ini adalah format yang paling bagus saat ini...Resolusi HD/ besar yaitu 1920x1080 atau 1280x720. Tapi tentu kawan ... Resolusi besar laiknya juga memerlukan Resource tempat penimpanan yang besar Pula... Rata rata Film HD ini memiliki minimal file sampai bergiga giga , Bahkan juga memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi juga, kalau tidak nanti jadi patah-patah. Kalau saya sih... ini bukan menjadi Pilihan Saya... Karena spec komputer yang masih standard dan koneksi internet yang buruk... tidak memungkinkan untuk nyedot nih file... hehe

Pengertian m-HD/ MicroHD :

Mini/micro HD merupakan file film yang hampir sama dengan Blueray HD diatas, tapi ukuran resolusinya lebih kecil yaitu 1280x500, sehingga ukuran filepun juga lebih kecil dibandingkan HD.
Ini Juga bukan Pilihan Saya... :D Boros Bandwith...


Pengertian DVDRip :

Nah ini merupakan favorit saya, merupakan bentuk Copy-an dari DVD asli yang di Ripping. kualitas ukuran resolusi gambar cukup baik. DVDRip merupakan kualitas original DVD di pasaran. DVDrip dikeluarkan dalam SVCD dan DivX/XviD.
Kalau untuk Download sudah cukup memungkinkan, dan bila di Play di berbagai Spek Komputer rendah juga sudah bisa... Tidak Patah Patah.

Pengertian TVRip:

TVRip merupakan film yang direkam dari TV.Menggunakan alat Capturing. Kalo si ripper-nya tipe pemalas, semua sama iklan-iklannya turut kerekam.

Pengertian DVDScr:

DVDScr atau DVD Screener ini biasanya adalah salinan dari sebuah PROMO DVD. Ya namanya Promo pasti banyak promosinya kan?, DVDScr keluar sebelum DVD asli keluar di pasar. Ciri utamanya adalah di tengah-tengah film suka ada teks berjalan (ticker) yang berisi kata-kata yang bersifat promosi atau Video biasanya datang dengan watermark dalam video, kadang-kadang di beberapa bagian dari video movie berubah dalam warna hitam dan putih, dan resolusi gambar rendah.
No Recomended lah...

Pengertian R5 :

Mungkin RCR Pernah denger nih format, R5, Kadang kalau di play di media player tak akan pernah bisa... karena harus memakai player khusus. R5 Ini Mengacu pada format tertentu dirilis di DVD Region 5 dgn transfer langsung telecine / TC tanpa adanya proses pengolahan gambar / rendering / encoding. Region 5 merupakan area bekas Uni Soviet, India, Africa, North Korea & Mongolia. Dalam upaya untuk bersaing dengan film pembajakan, industri film memilih untuk membuat sebuah format baru untuk DVD rilis yang dapat dihasilkan dengan lebih cepat dan lebih murah daripada rilis DVD tradisional. Kualitas kurang baik karena RIP video langsung dari DVD.

Ini merupakan list region lain :

  •     R0 No Region Coding
  •     R1 Amerika, Canada
  •     R2 Europe, termasuk Turki, Mesir, Arabia, Jepang, Israel dan South Africa
  •     R3 Korea, Thailand, Vietnam, danIndonesia
  •     R4 Australia dan Selandia Baru, Mexico, the Caribbean, dan South America
  •     R5 India, Afrika (kecuali Mesir, Afrika Selatan, Swaziland, dan Lesotho), Russia, dan pecahan USSR.
  •     R6 RRC
  •     R7 Reserved for future use, MPAA-related DVDs and “media copies” of pre-releases in Asia
  •     R8 pesawat terbang atau kapal pesiar
  •     R9 perluasan (seringkali disamakan dengan “bebas region”)



Pengertian CAMRip / CAM

Ini Adalah rekaman yang menurut saya paling rendah atau meksain banget. CamRip ini merupakan film yang perekamannya dilakukan dengan objek Layar bioskop dengan kamera video digital. Tripod kadang-kadang digunakan, atau tidak sehingga membuat kamera goyang. Kualitas tidak bagus.
Huft... Atau kadang ada gambar tangan yang nutupin layar... :D itu lagi ketakutan bila ketahuan penjaga bioskopnya... ATAU kadang-kadang kalo ada orang lewat depan layar atau ada orang yang ketawa di sebelah si perekam bisa jadi ikut kerekam. hehe

Pengertian TS atau Telesync

Adalah sama dengan CAM hanya saja pada saat perekaman si perekam meletakkan alat perekam suara dekat dengan sumber suara. Suara hasil rekaman tersebut disatukan dengan hasil rekaman videonya menggunakan software video editor sehingga kualitas suara yang dihasilkan dari jenis video ini bisa dikatakan lumayan baik daripada kualitas CAM diatas 


Pengertian TC

Sebuah mesin telecine salinan film digital dari reels. Suara dan gambar harus sangat baik, namun karena peralatan yang terlibat dan biaya telecines cukup jarang. Kualitas biasa saja.


Pengertian VHSRip

Dicopy langsung dari VHS tapenya secara langsung,

Pengertian TVRip/Episodes

Film dengan jenis ini biasanya direkam langsung pada saat film tersebut sedang disiarkan. Kulitas bergantung pada stasiun televisi yang menyiarkan, apakah film tersebut disiarkan dalam format high definition atau tidak. Kalau film tersebut disiarkan dengan format high definition, maka kualitasnya akan sangat baik. Contoh untuk flm dengan flag ini adalah film-film serial amerika, misal Heroes, KyleXY, 24, dll.


Pengertian DSRip (Digital Satelite)

Direkam dari transmisi satelite, kualitasnya baik, biasanya di encode dalam format xvid.


Pengertian Workprint (WP)

Video ini biasanya dibuat dari versi film yang belum jadi alias setengah matang. Biasanya tipe ini belum memiliki effect-effect film. Misal Film berkelahi dengan monster, tapi belum ada tuh monsternya.


Pengertian PDTV (Pure Digital TV)

Film jenis ini direkam melalui jaringan TV digital dengan menggunakan TV Tuner yang mendukung format digital. Kualitasnya sangat baik, biasanya di encode dalam format xvid.


Pengertian HDTV (High Definition TV)

Film jenis ini direkam melalui jaringan TV digital dengan menggunakan TV Tuner yang mendukung format digital. Kualitasnya sangat baik, biasanya di encode dalam format xvid hampir Sama dengan PDTV tapi ini memiliki Resolusi lebih Besar.


Nah netters dan RCR (RahmanCyber Reader) semoga Istiilah istilah ini bisa buat nambah pengetahuanmu ya... karena Perlu Tahu... :D  Setidaknya bukan untuk berbuat curang atau apalah itu, Hanya agar netter juga tahu istilah yang biasa tersebar di Internet.


Dari berbagai Sumber





Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال