Pengertian Client sebagai Istilah dalam Komputer Jaringan ( NETWORKING )

Pengertian Client, secara mudah,client adalah komputer yang bukan server. Jika server menyediakan file,sumber daya,layanan tertentu,maka client adalah komputer yang meminta file,sumber daya,atau layanan dari server.Jika kemudian ada istilah"client/server"maka istilah tsb pastilah merujuk pada sebuah system jaringan yang minimal memiliki sebuah server dan beberapa client.Misalnya aja ada istilah "aplikasi database client/server"maka artinya sebuah server yang menyimpan file-file database dan aplikasi pada client hanya dapat berjalan apabila telah mendapatkan informasi dari database yang ada diserver.

 

pc klien

 

 

{getToc} $title={Table of Contents}



Artikel Pengertian Client dalam TKJ ( Teknik Komputer Jaringan )  Berhasil Diperbaharui 22/05/2021




Artikel diatas masih asli, alias tidak saya rubah... itu adalah tulisan saya tahun 2011, ketika saya masih belum memiliki perangkat komputer internet sendiri, masih diketik di warnet, kadang saya sendiri mesam mesem liat tulisan waktu lampau, hehe... itu titik mana, koma mana... hehe, yang jelas itu pengertian adalah dari pembelajaran waktu SMK di SMK N 11 Semarang...  jadi dulu udah diajarin buat web, padahal juga multimedia, videografi, 3d, video editing, pokoknya "Multimedia" lah... mungkin pengaruh itu juga, saya buat blog juga "Multimedia" ehehe, Gado - gado bahasa rakyatnya...



Saya paham.. 

 
 
dulu saya berlomba lomba membuat banyak "Page" hehe, sehingga pembahasan Client - Server dalam Jaringan Komputer, dalam hal ini bisa dikatakan Internet, saya buat terpisah.
 





Sebenarnya kalau membahas ini itu 

 
 
 
tidak bisa lepas juga dengan Pengertian Topologi Jaringan


Lalu pembahasan tentang Peer to Peer... karena itu saling berkaitan, dimana sebenarnya bisa kita jadikan satu halaman... ^_^

Kedua hal itu berkaitan erat dengan Client dan Server, jika Server adalah Penjual, Client adalah Pembelinya... seperti itulah logikanya.. dan untuk menjembatani antara PC Client dan PC Server tersebut agar bisa saling terhubung, maka dibentuklah sebuah Topologi Jaringan..

 

 

 

Arsitektur PC Client dan Server 

 

 

pun berbeda sob, jadi Kalau PC Client itu bebas banget, bahkan mau Smartphone pun jika terhubung ke jaringan untuk meminta file dari server dalam hal ini pemuatan halaman website misalnya...

 

Berbeda banget dengan Arsitektur PC Server yang perlu hidup 24 jam / 7 Hari untuk dapat melayani 24 Jam / 7 Hari... bahkan Seperti komponen Harddisk, RAM pun khusus, penenmpatan PC nya pun juga di ruangan khusus. ( Ini jika Server sebagai HOST yang melayani Banyak sekali CLIENT ya gan.. )




Saat ini saya bekerja di salah satu instansi pendidikan swasta, 

 

 

walaupun tidak dalam posisi langsung yang memiliki kewenangan dibidang Sistem Informasi, karena saya lebih ke Multimedianya, dimana Kamera Shooting dan PC Editing pun menjadi teman akrab saya, tetapi bagian sistem informasi adalah tetangga sebelah.. dan kita pun satu kesatuan.


Jadi saya lihat arsitektur PC Server begitu KHUSUS... tempatnya dinginn.. brrr... dan terlihat banyak sekali media penyimpanan disitu.. tentu dari situlah sumber diakses oleh para Klien, kalo di Universitas, bisa Mahasiswa, Dosen, Karyawan dan Masyarakat Umum... dan SERVER tersebut "Normalnya" nyala terus... paling dimatikan sekejap jika ada maintenance.



Tetapi perlu di ingat ya bahwa dalam hal ini, CLIENT dan SERVER itu 

 

adalah 2 aktor... Jadi ada pengirim dan penerima.


Diatas itu adalah contoh SERVER yang melayani banyak sekali Client... artinya semakin banyak client yang dilayani oleh Server sebagai HOST, maka kebutuhan kualitas perangkat Server semakin tinggi, jika tidak ingin nanti berdampak pada kecepatan dan jaringan kirim terima / upload dan download data menjadi down atau tersendat sendat.



Konsep kedua, jika anda hanya terhubung dengan 1 client, artinya PC anda itu dijadikan SERVER tempat penyedia data, yang akan diakses oleh sang Client... maka ini juga sudah bisa disebut interaksi antara server dan client. Tetapi memang dalam skala kecil... anda bisa menghubungkannya ( Tanpa Masuk ke Jaringan Internet ), artinya anda membuat jaringan lokal saja... ini seperti ketika anda menghubungkan ingin mencetak sesuatu ke Printer yang terhubung ke komputer server, jadi anda tidak perlu terhubung ke jaringan ( Inilah yang disebut sebagai konsep dasar LAN ) mempermudah anda untuk saling terhubung tanpa harus pasang printer tiap komputer..


Artinya, anda cukup pasang 1 printer dihubungkan ke komputer server termasuk drivernya anda instal disana, selanjutnya komputer lain yang ingin menggunakan printer, bisa dihubungkan ke komputer anda.

 

 

Komputer anda sebagai server, 

 

komputer lainnya sebagai client.... dengan menggunakan apa? Dengan Kabel LAN yang biasanya dijual di marketplace

 

Kabel LAN Murah di Marketplace
Contoh Kabel LAN di Marketplace | Gambar disediakan oleh RahmanCyber.NET


 

 

Kabel LAN RJ45
Kabel LAN Networking

 

 


Jika ingin praktis, belilah router... sehingga komputer lain bisa terhubung ke PC Server anda tanpa harus dihubungkan dengan kabel LAN yang kadang jika tidak diperhatikan dengan baik, jadi makanan Tikus tikus... yang suka menggerogoti kabel agar Giginya tidak tumbuh semakin panjang... ( Kasian kadang kalo liat tikus... )



ROUTER
Contoh Router






Ya walaupun kalo kabel LAN putus sih.. 

 

 

gampang ya untuk disambungin lagi :) dipasang RJ45 lagi diujungnya pun beres... modal Tang Crimping yang biasa juga bisa anda dapatkan dengan mudah di Marketplace.

 

 

Tang Krimping
Tang Crimping RJ45 di Marketplace

 




Karena saya sudah menuliskan panjang lebar disini.. maka pada Pengertian Server, saya kasih contoh Jepretan Server, original dari Foto koleksi saya.









 






RahmanCyber Tutorial
Redaksi yang menulis berbagai Tutorial Berguna
http://www.rahmancyber.net
Facebook : /rahmancyber | Twitter : @RahmancyberNet

Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال